Selasa, 19 Januari 2016

Visa Kunjungan Keluarga 90 Hari (Jepang)

Ass wrwb,
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya membuat visa kunjungan keluarga ke Jepang selama 90 hari. Oh iya, ini berawal dari istri yang mendapatkan beasiswa s2 double degree dan akan melanjuti studinya ke jepang selama 1 tahun, kami berencana untuk membawa keluarga ke jepang,Jadi dalam kasus saya suami yang ikut istri bukan seperti lazimnya istri yang ikut suami.
Karena waktu yang sangat singkat, kami memutuskan untuk membawa keluarga terlebih dahulu dengan Visa kunjungan 90 hari baru kemudian merubahnya menjadi Visa Dependent. karena setelah googling klo mau membuat COE dulu akan memakan waktu lama dan akan mengurangi lama stay keluarga di jepang..(ngak mo rugi mode.hehe). 
Jadi saat itu ketika  istri telah tiba di Jepang selama seminggu saya menyusul ke Jepang dengan Visa Waiver (Cara mendapatkan Visa Waiver dengan ePassport) untuk mencari kontrakan, setelah itu kembali ke Indonesia untuk membawa keluarga dengan Visa Kunjungan Keluarga.

Dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi dalam mengajukan permohonan visa

  1. Paspor asli dan Fotocopy
  2. Formulir permohonan visa. [download (PDF)] dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram)
  3. Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili)
  4. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa) - karena saya bukan mahasiswa dan anak juga masih kelas 5 dan 6 sd jadi tidak disertakan
  5. Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang) - dalam kasus saya karena saya takut visa di acc atau tidak, saya menyerahkan booking tiket ke HIS tapi bukan confirmed ticket. Visa jepang tidak mengharuskan adanya confirmed tiket ini melegakan.
  6. Jadwal Perjalanan [ download (DOC)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang) - ini juga saya serahkan pada HIS, tapi teman saya memberikan contoh, untuk kunjungan 90 hari tidak perlu menulis detail perharinya.tetapi cukup minggu ini mo kemana minggu depan mo kemana sampai mencakup 90 hari atau kurang dikit.
  7. Fotocopy dokumen yang membuktikan hubungan keluarga antara pemohon dengan pengundang - saya melampirkan surat foto copy akte Nikah, dan KK untuk saya dan tambahan Akte lahir untuk anak2. semua dokumen  ini saya hanya melampirkan fotocopynya.
  8. Surat undangan. [ download (PDF) ] - surat undangan dalam bahasa jepang, dalam kasus saya dari istri yg sudah berada dijepang, minta tolong teman yang bisa nulis jepang untuk mengisinya. ada yang bilang diisi bahasa latin inggris juga tidak apa2.
  9. Surat keterangan kerja - Dalam kasus saya, saya tidak menyertakannya karena saya kerja Freelance jadi tidak punya perusahaan atau usaha, tapi hanya jual jasa. Agen His tempat saya mengurus Visa berapa kali meminta dan takut untuk memasukan aplikasi saya dengan alasan biasanya ada surat keterangan kerja. tapi saya katakan dalam persyaratan Visa kunjungan keluarga, surat keterangan bekerja tidak diperlukan dan saya meminta untuk dimasukan saja untuk diproses dan hasilnya Visa di Acc juga.
  10. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan:
    1. Bila pihak Pemohon yang bertanggung jawab atas biaya
      * Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon - seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya). - saya menyertakan Fotocopy buku Tabungan 3 bln terakhir.
    2. Bila pihak Pengundang yang bertanggung jawab atas biaya.
      *Surat Jaminan [ download (PDF) ] - Kasus saya, tidak disertakan karena saya menggunakan rek tab saya sebagai jaminan.
      Ketika saya mengisi Form Aplikasi Visa, pada kolom Gurantor or Refference in Japan saya memasukan istri sebagai Gurantor walaupun saya menggunakan tabungan saya sebagai penganggung jawab biaya.
      *Surat Keterangan Domisili Pengundang (juminhyo). Bila Pengundang adalah WN Asing yang berdomisili di Jepang, maka Surat Keterangan Pencatatan Domisili (Alien's Registration Card/ Certificate). - Saya menyertakan FC Student Card dan Alien's Card istri.
Oh ya untuk satu orang pemohon berkas sendiri-sendiri, jadi dalam kasu saya saya membuat 3 berkas yaitu untuk saya dan dua anak saya. Setelah komplit dokumen dimasukan ke kedutaan Jepang di Jakarta, Process pembuatan Visa sekitar 4 hari kerja.

Setelah Visa ditangan langkah selanjutnya adalah membeli tiket pesawat untuk pergi karena waktu apply visa saya hanya menggunakan booking flight saja tanpa confirmation. nah untuk pergi saya membeli tiket pesawat, nah permasalahan untuk pulang karena saya akan tinggal lama sehingga tidak mungkin juga saya membeli tiket. 
Saya memesan tiket pulang melalui www.asiatravel.com. di web ini kita bisa pesan tiket dan mendapatkan kode booking PNR, ketika itu saya mememesan tiket garuda. setelah dapet kode PNR kita masuk ke web garuda dan memasukan kode PNR tersebut dan bisa meendapatkan bookingan tiket dan kita print. 
Meskipun tiket pulang saya dicancel oleh asiatravel karena saya memang tidak membayarnya. tapi printnan tiket ini sangat berguna ketika kita berhadapan dengan imigrasi jepang, karena dia akan menanyakan tiket pulang. Saya sempat khawatir petugas imigrasi akan memeriksa kevalidan tiket saya tapi berbekal bismillah saya yakin dia hanya mo lihat saja dan Alhamdulillah lancar jaya.
Next step setelah sampai Jepang adalah membuat COE untuk syarat merubah Visa kunjungan menjadi Visa Dependent.

Syarat Visa Jepang

Contoh Pengisian Visa Aplikasi

Visa Kunjungan Keluarga 90 hari.

















104 komentar:

  1. ass wr wb..
    maaf, pak.. boleh minta pencerahan.. kebetulan kondisi bapak sprti sy, tp suami sy yg kuliah di jepang. klo boleh tau brp nominal saldo yg asa di rekening bank? dan bagaimana cara pengisian letter of invitationnya? terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wass wrwb, untuk tabungan kira2 40juta sudah ok. Letter of invitation coba saya cek file saya, kebetulan saya lagi haji. Dan tidsk bawa laptop.
      Semoga membantu..

      Wass

      Hapus
    2. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI TKI

      Alhamdulillah sekarang saya sudah jadi TKI kontrak di JEPANG berkat bantuan bpk drs AGUSDIN SUBIANTORO beliau selaku deputi bidang penempatan di kantor BNP2TKI pusat jakarta
      no hp dinas beliau 0823-5240-6469

      saya berasal dari Samarinda (Kal-tim). Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi saya. KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi orang tua saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota Samarinda (kal-tim), dimana struktur tanah tempat kelahiran saya adalah pinggir laut dengan mata pencaharian masyarakat sekitar bagang dan empang , Pengorbanan keluarga yang selama mendidik membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi seorang nelayan, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1, Pada pertengahan tahun 2017 saya bertemu dengan seorang teman lama mantan TKI di jepang pertemuan saya di Jalan muara badak SAMARINDA kal-tim, Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT yang pernah membantu dia sewaktu di jakarta, Beliau adalah kepala deputi bidang penmpatan di kantor BNP2TKI pusat jakarta, atas nama bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO, Alamat kantor beliau Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770 kantor BNP2TKI pusat, Dan Teman Saya Memberikan No Kontak Hp Bpk AGUSDIN di Nomor 0823-5240-6469 dan saya mencoba menghubungi tepat jam 5 sore, singkat cerita sayapun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliau'pun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke akun email beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang. Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung didalamnya sangat luar biasa di rasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah saya bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri. Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekat’pun saya belum pernah sama sekali, Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan kami, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman saya, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga. MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, kami di jemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan kami diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa mencoba untuk menberani’kan diri menhubungi Bpk kepala deputi bidang penempatan BNP2TKI, BPK DRS AGUSDIN SUBIANTORO Ini No TLP/HP Beliau: 0823-5240-6469 siapa tau beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan. TERIMA KASIH

      Hapus
    3. Visa kunjungan 90 hari beli tiket perginya aja bisa ga?krn tiket plg nya beli di jpg

      Hapus
    4. Siapkan juga tiket pulang. Buat tiket dummy aja. Biasanya petugas imigrasi mo liat tiket pulang. Tp ngak sampe dicek dikomputer.

      Hapus
    5. Untuk surat undangan harus asli di kirim dari jepang atau boleh scan ? Terimakasih

      Hapus
  2. Maaf mau tanya kalau visa kunjungan keluarga itu brpa hari bolehnya

    BalasHapus
  3. Visa kunjungan kel max 90 hari yang saya tau. Tapi klo mo undang lama itu harus pake COE. Certificate of Eligibility. Bisa lebih dr 90hari.

    BalasHapus
  4. Visa kunjungan kel max 90 hari yang saya tau. Tapi klo mo undang lama itu harus pake COE. Certificate of Eligibility. Bisa lebih dr 90hari.

    BalasHapus
  5. ass wr wb pak, saya mau tanya. Apakah setelah tinggal di jepang dgn visa kunjungan keluarga(90 hr) bs diperpanjang lagi? Berapa hari dokumen/ surat izin tersebut diurus sebeum hari kepulanan yg telah ditentukan? Bolehkah sy meminta kontak line,atw WA nya pak, sy ingin mengetahui prosesnya, sedetil mungkin. Mohon balasannya, trimakasih

    BalasHapus
  6. Siang pak. waktu itu bapak pengajuannya bulan apa ya? Soalnya saya akan mengajukan bulan januari ini tapi baru berangkat maret dan pulang akhir bulan april sedangkan kalau di issue-nya bulan januari otomatis saat pertengahan april sudah expired.

    BalasHapus
  7. saya mau nanya utk alien's card atau student card harus asli apa bisa fotokopi aja?

    gimana dengan itinerary nya? utk 90hari apakah harus mendetail setiap hari atau per minggu aja?

    ma kasih banyak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto copy aja mas. Itinerary buat jadi perminggu, kaya tgl 1 sampe tgl 14 di tokyo. Thg 15 tgl 30 kyoto.

      Hapus
  8. Mas, letter invitation kakak saya yang dr Jepang dalam bahasa Inggris ga pa2 ya?

    BalasHapus
  9. Visa kunjungan keluarga 90 Hari itu boleh part time ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan Visa Kunjungan keluarga tidak boleh kerja atau baito mas. Kecuali baito sama temen. Hehe. Harus punya Resident card klo mau baito.

      Hapus
  10. mas mau nanya ini masnya via HIS ya buatnya? kalo boleh tau kena biaya berapa ya? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya buat via HIS jogja, klau ngak salah 550rb per orang. Saya myerahkan senua doc di jogja, visa jd saya ambil di jogja juga.

      Hapus
    2. Untuk pembayaran visa dan admin nya,itu di awal atau di akhir pak? Kalo visa di tolak bagaimana?

      Hapus
  11. Mas, untuk keluarga, surat sponsorship nya harus diprint sesuai jumlah keluarga atau bisa 1 saja cukup?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya tau, setiap aplikasi disertai dok. Jd sesuai jumlah berapa orang yang mo buat visanya.

      Hapus
  12. Mas, utk surat undangannya katanya hrs ada stempel merahnya ya? Stempelnya didapat drmn ya mas? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dijepang ttd itu pk cap namanya hangko. Mmg sebaiknya pake cap hangko klo disana hangko karena lebih dihargai drpda ttd. Tp klo ngak punya apalagi pengundang bukan org jepang. Ya ttd aja gpp.

      Hapus
    2. Mas bagi pengalaman waktu masuk di imigrasi jepang donk, dokumen apa aja yg hrs disiapkan? Musti bawa uang yen cash brp? Kabarnya imigrasi sana agak serem ya apalagi buat yg stay lama (90hr) dsana...makasih buat infonya..

      Hapus
    3. Yang pasti ditanya adalah tiket pulang mba. Tapi karena saya dl ngak akan plg jd hanya buat booking tiket aja mba. Ngak dicek itu bookingan sudah expired apa ngak. Mba bisa buat di agen travel minta buat ooking tiket plg tp ngak confirmed atau dr web www.asiatravel.com. Soal uang ngak ditanya mba. Kan sekarang udh pk atm uang cash ngak ush bawa banyak2.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. mas boleh tau untuk booking tiketnya apa harus ada nama pemohon atau boleh hanya detail flight nya aja yah?

      Hapus
    6. Maksudnya booking tiket buat syarat visa keluarga 90hari? Iya buat bookingan tiket atas nama yg mo apply visa itu. Ngak perlu confirmed kok hanya bukti booking aja, trus dicancel juda ngak apa2. Kan biasanya bookingan tiket hanya berlaku 1hr.

      Hapus
  13. Mas mau tanya, masa berlaku visa ne kan 90 hari. Itu dihitung nya dr tanggal kita masuk Jepang atau dihitung dari tanggal pengeluaran visa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya 90hari dr hari pertama kita masuk jepang. Biasanya visa expired 3bln.jd klo mbak ngak masuk2 jepang lebh de 3 bln dr waktu visa keluar, visanya ngak berlaku lagi.

      Hapus
  14. Maaf pak mau tanya untuk kartu domisili si pengundang apakah harus asli??

    BalasHapus
  15. Mas, jadi keluarga bisa nyusul dgn visa kunjungan setelah istri mas 1 mggu tinggal di jepang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keluarga nyusul setelah punya visa kunjungan keluarga 90hr. Dalam kasus saya istri setelah 1blnan baru bisa ngurus2 syarat visa kunjungan.

      Hapus
  16. mas, untuk ngurusnya prosesnya brapa lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo ngurus Visa kunjungan setelah dok lengkap. Hanya 5hr kerja mas.

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Mas maaf mau nanya, mas ngajuin visa ke embassy nya tanggal berapa ya?kalau difoto kan date of issued nya 1 oct 2015 ya...saya tgl 21 april ini baru apply..rencana tgl 27 mei -13 august apakah brarti tgl saya menerima paspor saya nanti adalah date of issue? Takutnya sudah expired duluan di akhir july ya walaupun approved.

    BalasHapus
  19. Maaf Lupa mas, tapi klo ngak salah prosess dr masukin sampe jadi hanya seminggu (5hr kerja). Klo visa isued 28 april, ya berlaku 3bln ke depan sampe 28 july

    BalasHapus
  20. istri & suami bisa datang sekaligus ga? klo suami pake visa studi, istri pakai visa turis dl baru setelah di jepang visa istri ganti jd dependent?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo istri pk visa turis kan hanya 14hr. Kayanya Ngak mungkin bisa nyiapin syarat2nya visa dependent dlm 2minggu. Lebih baik suami siapkan syarat2nya dulu baru istri dtg.

      Hapus
  21. Pak mau tanya. Setelah di jepang apa betul bisa mengajukan visa dependent untuk keluarga? Dan keluarga tsb posisinya berada di jepang jg gpp ya?

    BalasHapus
  22. Pak mau tanya. Setelah di jepang apa betul bisa mengajukan visa dependent untuk keluarga? Dan keluarga tsb posisinya berada di jepang jg gpp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas, dengan apply rubah visa asal syarat2 terpenuhi. Dan karena prosesnya lama jd sebaiknya keluarga dtg dgn visa kunjungan 90hr. Atau klo mmg mau langsung aja apply visa dependent jd kel dth langsung udh ikut yg dijepang.

      Hapus
  23. Mas, ditanya surat keterangan kerja gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu saya buat visa kunjungan 90. Saya ngak pake surat ket kerja dan mmg kebetulan saya kerja lepasan jd ngak bisa buat surat ket kerja. Mohon diliat syarat visa kunjungan kel 90hr

      Hapus
  24. Asmlkm,,, saya mau nanya klo kenshusei bsa ngundang tmn maksimal brp hari?

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum pak,
    Saya mau tanya, kan skrg sy bekerja di jepang, kalau mau mengundang anak istri pakai visa kunjungan 90 hari dan saya sebagai penjamin, apakah harus ada sejumlah saldo di rekening saya atau hanya cukup tau sebagai bukti menerima gaji di jepang sini?
    Terimakasih sebelumnya pak

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum wr.wb.

    Salam kenal. Saya juga berencana untuk mengundang istri saya dengan visa kunjungan keluarga selama 90 hari. Tapi saya bingung cara mengisi lembar rencana perjalanan, karena memang akan lebih banyak stay di apartement. Jika berkenan, untuk referensi saja, boleh saya minta lembar rencana perjalanan yang anda buat?
    email saya : yogaakbare@gmail.com

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum sallam,maaf sebelumnya file perjalanannya sudah ngak tau kemana. Tapi intinya isi aja mas seperti tgl 1 ke Shinjuku goen tgl 8 ke B tgl 24 ke C. Kasih jarak 1 atau 2minggu gpp. Isi apartemen untuk semua tempat menginapnya.
      Semoga membantu.

      Hapus
    2. Assalamualaikum mas yoga akbar. Saya bisa kasih contoh itinerary nya klo masnya masih butuh. Kebetulan tahun lalu jg saya mengajukan visa kunjungan keluarga

      Hapus
    3. assalam wr wb, mba Tia, boleh sy dikasih juga contoh itinerarynya? email: bettanysbabe@gmail.com

      sy berencana menyusul suami persis seperti kisahnya mas Firdaus ^^ kayanya programnya sama juga ni sama program istrinya mas Firdaus.. hehe..

      mas Yoga, ikut nimbrung ya..

      thanks.

      Hapus
    4. Assalamu'alaykum mba Tia & mba Sindy, kalo bole sy dikasih jg contoh ittenerary nya?

      Email sy: azizahnf90@gmail.com


      Sy berencana menyusul suami sy persis sprt kisah mas Firdaus & mba Sindy


      Mas Yoga numpang yaa

      Trims

      Hapus
    5. Assalamualikum mbak tia & semuanya. Ijin nimbrung ya mas/mbak.
      Kalau boleh saya dikasih jg contoh ittenerary nya juga dong..
      Email : irwanpamuji@gmail.com
      Saya rencana mau ngundang anak istri buat kunjungan keluarga..terimakasih sebelumnya..

      Hapus
  27. Assalaamu'alaykum mas Firdaus,

    Perkenalkan, saya Puteri.
    Saya insyaaAllah akan mulai studi di Jpg bulan Okt, dan rencananya ingin berangkat di bulan Sept bersama suami dan ke 2 anak saya yg usia SD.

    Apakah bisa kalau kami berangkat bersama (suami dan anak2 rencananya pakai visa kunjungan 90 hr) lalu nanti mereka ganti visa resident setelah sampai disana? jika bisa, apakah persyaratan dan caranya sama seperti yg mas posting diatas? mohon pencerahannya ya mas...

    Terimakasih banyak.

    Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Putri, mau tanya, anak2nya kan SD, itu selama 90 hari status anaknya libur atau melanjutkan sekolah di jepang?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  28. Waalaikumsallam, iya mba hampir sama. Yang harus diingat adalah klo bawa keluarga langsung siapa yg akan jadi penanggung disana? Case saya istri disana dulu sehingga bisa buat surat jaminan dll untuk buat visa kunjungan 90hari. Dan mempersiapkan apartemen. Tp klo bisa dapat visa kunjungan 90hari barengan sama istri ya bagus menghemat waktu. Wassalam

    BalasHapus
  29. Selamat malam.
    Saya mau tanya.. Visa 90hari apakah hanya untuk visa keluarga? Dan apakah ada visa 90hari selain visa keluarga dan bekerja? Mohon informasinya..

    BalasHapus
  30. Assalamu'alaikum.
    Mas mau tanya, apa mas memasukkan juga surat referensi dari bank selain fotokopi tabungan 3 bulan terakhir?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsallam,
      dulu hanya printnan rekening aja.
      Wassalam.

      Hapus
  31. Salam kenal Mas... Saya Nisa.. Mas, saya akan ke Jepang untuk penelitian selama sekitar 40 hari, apakah saya bisa mengurus visa turis såja? atau harus visa pelajar ya? ken visa pelajar harus pake COE kayanya ribet... Mohon pencerahan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Visa turis hanya 12hari mbak. Klo buat penelitian kayanya harus ngurus coe ada surat undangan juga..

      Hapus
  32. Salam kenal Mas, saya mau tanya untuk pemesanan tiket dummy di Asiatravel bagaimana caranya? Saya juga perlu untuk mengundang keluarga. Terima Kasih Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya sudah lupa. Tapi coba googling " cara membuat dummy tiket" banyak kok. Ini salah satunya.
      http://www.jambukebalik.com/2015/02/membuat-reservasi-tiket-pesawat-dummy.html?m=1

      Hapus
  33. maaf mau tanya apakah dokumen dari pihak pengundang harus asli semua? kalau di scan lalu kita print di sini boleh tidak ya?

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Ass pak
    Saya mohon info
    Saya ingin mengurus visa kunjungan keluarga
    Saya ada sepupu (WNI) tinggal disana dgn suami beliau (WNA jepang)
    Jika saya melampirkan surat undangan dr keluarga di jepang
    Untuk dokumen penunjang hubungan keluarga bagaimana ya. Karena statusnya kami bersaudara sepupu
    Apakah bisa dgn dokumen surat buatan sendiri yg menyatakan kami bersaudara sepupu
    Mohon info nya

    BalasHapus
  36. Waalaikumsallam, Klo ngak salah untuk kunjungan keluarga harus keluarga inti. Tapi klo sepupu mungkin bisa dilampirkan kk dan akte orangtua, kan dr akte ortu bisa ketahuan kakek neneknya sama.

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum, pak. Mau tanya, anak-anaknya selama di jepang melanjutkan sekolah di sana atau liburan? Statusnya di sekolah di Indonesia gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, melanjutkan sekolah di sekolah Republik Indonesia. Istri dulu milih sekolah di tokyo. Biar anak2 bisa lanjut sekolah begitu pulang dr jepang, jadi ngak tinggal kelas.

      Hapus
    2. Dokumen apa yang perlu dibawa dari SD di Indonesia utk daftar di SRIT, Pak?

      Hapus
    3. Klo ngak salah surat pindah dr sekolah dan dinas pendidikan sama raport. Japri aja di firdaus.fitriyandi@gmail.com biar saya kasih kontak kepseknya buat info lebih detai.

      Hapus
    4. Mereka sangat welcome kok mbak, langsung diterima asal wni.

      Hapus
    5. Sekolah Republik Indonesia Tokyo

      Alamat:
      4-6-6 Meguro Meguro-ku Tokyo 153-0063

      Telepon/Fax:
      03-3711-8842 / 03-3719-1786

      E-mail:
      sri_tokyo[at]gmail.com
      Contact person:
      Ms. Kaoru Yamashita

      Hapus
    6. Terimakasih banyak infonya Pak. Lengkap sekali

      Hapus
  38. Assalamualaikum wr.wb
    Mas maaf mau brtanya apakah gakusei bisa mengajukan visa dependent?
    Atau visa defendent khusus bwt daigakusei sja
    Mhon jwban dan pnjelasannya trima ksih

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum pa.

    Saya Tinggal di jepang dengan suami.
    saya akan mengundang orang tua dan adik saya untuk datang kemari. dan rencananya saya akan bawa Si Mbak (Yang biasa bantu bantu mengurus adik saya).
    apakah bisa saya mengajukan visa kunjungan keluarga untuk mbak saya ini?
    jika bisa, dokumen apa saja yang sekiranya harus saya persiapkan pak?

    mohon bantuan jawabannya pak. terimaskasih.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Visa kunjungan keluarga 90hr hanya untuk keluarga inti atau ortu mbak. Klo org lain jadinya visa turis.

      Hapus
  40. Selamat siang & salam kenal...

    Saya mau tanya utk Visa dependant itu stay d jepang brp lama? Apakah COE itu sama spt KTP di indonesia?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga. Visa dependent tergantung dr lama visa org yg diikuti. Klo yg diikuti punya visa 5th yg yg dependent dpt 5thn atau smp visa yg diikuti habis. COE itu syarat dokumen untuk dpt ktp alien card

      Hapus
  41. Assalamualaikum wr.wb
    Mas firdaus slam knl,mhon maaf mas sya mau bertanya
    Suami sya gakkou d jepang,kmrn suami sempt mngurus coe untk dependent kalo dr imigrasi dokumen yg suami sya bwa smua gk ada yg d tolak,cuma ada bberkas yg msih kurang yaitu FC buku rekening sma zaigaku shomei sho suami,tp ps suami mnta zaigakushomei sho nya k pihak gakkou,gakkou tdak mmberikannya yg mau sya tnya kn apa imigrasi akan mmproses klau suami cuma mngrimkan kekurangan nya FC bku rekening sja
    Mhon saran dan penjelasannya mas
    Trima ksih

    BalasHapus
  42. Mas mau tanya kalau apply visa kunjungan keluarga/teman di japan maksimal berapa kali ya? Karena sy sudah apply dua kali, sy berniat untuk perpanjang visa sy dgn student visa tapi student visa untuk july 2018 (kata pihak gakkou ) jadi sy harus apply visa kunjungan lagi untuk yg ketiga kali (nanti april 2018). Apa tidak akan ada masalah atau ada advice harus ambil visa lain ? Terima kasih banyak mas

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum wr.wb
    Saya mau tanya pak kan saya mau visa kunjungan teman saya orang Jepang,tapi selama 30hr,itu bisa tidak ya pak? Biaya dan lainnya ditanggung sama teman saya pak. Terima kasih.

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum pak, Saya juga lagi plan seperti bapak,

    visa kunjungan keluarga terus lanjut visa dependent.

    Btw ketika issuing CoE di jepang berarti posisi bapak di Jepang, Dengan kondisi itu apa CoE nya di sudah approved pak?

    BalasHapus
  45. Mas, aq mau berangkat pertengahan April 2018, aq ikut suami yg kontrak kerja setaun di atsugi Kanagawa, terus aq cm bikin visa 90hari.
    Nah buat perpanjang visa kan hrs bikin COE biar dpt alien card sampei abis setaun sesuai visa suami..

    Persyaratannya apa aja ya bikin COE di Jepang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa lihat disini mbak
      https://lembaran-aa.blogspot.it/2016/01/merubah-kunjungan-visa-kunjungan-jadi.html?m=1

      Hapus
    2. Mbak sudah dapatkan visa 90 hari nya kah?yg jadi penanggunf nya suami atau mbak sendiri?
      Kalau suami,lampiran fc rekening 3bulan terkahir itu apakah harus ada saldo di rekening minimal berapa gitu atau cm asal fc saja..terimakasih

      Hapus
  46. Maaf kak.. mw tny.. kalo pas ajuin visa ke jepang utk kunjungan keluarga selama 90 hari ini, apakah tiket pesawat pulang pergi yang di lampirkan boleh hanya tiket booking an saja? (Hanya dapat no pemesanan tapi belum dapat booking code nya maksudnya) hehe.. trima ksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup lampirkan printnan bookingan tiket aja dek, ngak perlu confirmed tiket. Mmgbakan ditanya tiket pulang tinggal tunjukan printnan tiket plg. Ngak akan dicek kok itu tiket udh cancele apa blm.

      Hapus
  47. Saya dapat info, katanya sekarang ini pengurusa CoE sampai 4,5 bulan ya? Itu benar atau tidak? Saya sudah googling tp tidak dapat berita yg update.

    Terima kasih sebelumnya. :)

    BalasHapus
  48. Di jadwal perjlnan apa harus mencantumkan alamat tempat tinggal pak? Karena masih ada beberapa alternatif

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum mas, saya kondisinya sama persis dengan mas, nah untuk poin nomor 10.b terkait student card istri, kondisinya istri belum pegang karena rencana kami ingin berangkat bersama sama, kira kira gmn mas?

    BalasHapus
  50. Mas mau tanya kata anak2 masih bersekolah ya mas, setelah dapat visa dependant dan stay di jepang, gimana dengan sekolah anak apa lanjut di jepang? Terkendala bahasa dan sebagai nya ga mas anak2 sekolah disana. Saya juga ada rencana mau ikut suami tinggal di jepang tapi saya masih bingung tentang sekolah anak saya

    BalasHapus
  51. Kebetulan istri s2nya di tokyo, jd anak2 masuk ke sekolah indonesia kbri. Jd seperti sekolah di Indonesia. Pulang bisa lanjut ngak ngulang lagi.

    BalasHapus
  52. slmat siang
    ini sya mau berkunjung di tmn slama 90 hari
    kira2 persyrtanya apa sja ya dan jadi berapa hari ya terimakaih

    BalasHapus
  53. Assalamu’alaikum. . Pak, boleh tau persyaratan untuk mengubah visa kunjungan keluarga menjadi visa dependent??

    BalasHapus
  54. apakah bisa visa kunjungan keluarga diperpanjang sebelum masanya habis.

    BalasHapus
  55. Assalamualaikum...saya pak mau tanya,saya dulu pernah ke jepang.udah lama th 2007 sy pulang,apakah saya bida buat visa kunjungan untuk kembali ke perusahaan tmpat saya bekerja dulu.mohon pencerahan,terimakasih.

    BalasHapus
  56. Surat undangan harus asli dari jepang atau boleh scan ? Terimakasih

    BalasHapus
  57. Mas visa kunjungan 90 hari har waktu itu apply nya single entry or multiple entry

    BalasHapus
  58. Visa tokutei ginou apakah bisa mengajak keluarga dengan visa kunjungan ke dependent mohon bantuannya

    BalasHapus
  59. membuat COE untuk syarat merubah Visa kunjungan menjadi Visa Dependent
    Berapa hari lamanya pak

    BalasHapus